Sabtu, 13 Maret 2010

Kuliah Kapita Selekta: Berbicara dengan Gambar

Sabtu, 13 Maret 2010 jam 09.00 adalah waktunya kuliah Kapita Selekta untuk minggu kedua di bulan Maret 2010. Pembicara kala itu adalah Bapak Tjokorda, dosen saya di Institut Teknologi Telkom Bandung.
Ada satu hal yang menarik dari kuliah itu yaitu mengenai image processing. Ketika pertama kali membaca tentang tema yang akan dibahas dalam kuliah ini yaitu Berbicara dengan gambar, terbersit konsep mind map yang pernah diajarkan guru biologi saya ketika semasa SMA. Namun, bersitan saya tidak sepenuhnya meleset.
Inti dari image processing menurut saya adalah bagaimana pemikiran/aksi manusia di implementasikan oleh komputer.


Dari kuliah itu saya mendapatkan ide tentang Tugas Akhir (Walaupun saya belum mengambil mata kuliah ini) yaitu bagaimana mendeteksi banjir dari foto satelit. Saya pun mencoba mencari keyword detection flood
di mbah google dan akhirnya saya menemukan topiknya di
http://ieeexplore.ieee.org/Xplore/login.jsp?url=http%3A%2F%2Fieeexplore.ieee.org%2Fiel5%2F4290919%2F4290920%2F04290941.pdf%3Farnumber%3D4290941&authDecision=-203
kalau software ini dapat dibuat dan diimplementasikan di daerah bandung, saya yakin ini akan mempermudah gerak relawan Indonesia ketika banjir datang sehingga proses evakuasi dapat berjalan dengan cepat.
Idenya bagaimana satelit merekam kondisi bumi dari angkasa luar(kondisi Bandung misalnya) dan ketika ada perubahan dari foto sebelumnya dan dalam hal ini mengindikasikan adanya banjir maka sistem mengirimkan sinyal alarm kepada wilayah terdekat dengan banjir (pos relawan yang ada) untuk segera tanggap.
Seperinya butuh kerja keras untuk membuat sistem seperti ini. Pernah saya mendengar bahwa informatika tanpa dibarengi dengan ilmu-ilmu lain adalah nol. Benar juga bahwa kita menggunakan multidisiplin dalam membuat suatu proyek. Kalau dalam kasus ini kita menggunakan konsep Artificial Intelligence dan image processing tentunya. Ayo, semangat pemuda Indonesia!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar